Senin, 27 Agustus 2018

Lakukan Diet yang Tepat untuk PCOS agar Cepat Hamil

PCOS bermula dari gangguan keseimbangan hormonal yang terjadi peningkatan hormon androgen yang berlebihan dan resistensi insulin. Akibatnya, tumbuh kantung berisi cairan di ovarium. PCOS sangat berpengaruh pada kesuburan, sehingga harus dilakukan diet tertentu. Bagaimana diet bagi PCOS agar cepat hamil?

Lakukan Diet yang Tepat untuk PCOS agar Cepat Hamil

Diet Rendah Indeks Glikemik (low GI)
Tidak adanya obat untuk PCOS sehingga harus mengubah pola makan serta gaya hidup. Wanita dengan PCOS resisten terhadap insulin, sehingga meningkatkan kadar gula darah. Oleh karenanya, diet indeks glikemik rendah dapat membantu menurunkan menjaga insulin tetap stabil agar cepat hamil.

Anda harus menghindari semua makanan dan minuman manis. Diet Rendah GI ini hanya mengonsumsi buah dan sayur utuh, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan whole grain. Anda juga harus menghindari sebagian besar makanan olahan yang manis.

Lebih Sering Lemak Sehat
Lemak Sehat termasuk lemak omega-3 dapat membantu menyeimbangkan hormon Anda serta meningkatkan kadar insulin pada wanita dengan PCOS. Lemak Sehat terdapat pada makanan seperti minyak zaitun, alpukat, kacang, dan biji-bijian lain. Mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam delapan minggu dapat memperbaiki resistensi insulin sekitar 22%.

Jangan Melewatkan Sarapan
Ternyata sarapan tidak hanya baik untuk anak dalam masa pertumbuhan. Sarapan dapat menyeimbangkan hormon terkait dengan PCOS. Hal ini akan terbukti membuat kesuburan membaik. Wanita dengan PCOS dianjurkan tidak melewatkan sarapan.

Perbanyak Protein
Tingkat androgen bebas jauh lebih rendah pada wanita dengan PCOS saat mengikuti diet tinggi protein yaitu 30% dibandingkan dengan diet rendah protein 15%. Protein tinggi juga mampu menekan ghrelin, hormon kelaparan, dan lebih lama dari karbohidrat. Jadi, Anda harus banyak makan yang memiliki protein sehat seperti ikan, telur, daging, ikan, atau kacang-kacangan.

Tetap Bergerak Aktif
Olahraga memang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga juga bermanfaat bagi wanita dengan PCOS. Bagi wanita dengan PCOS yang obesitas atau kelebihan berat badan, komposisi tubuh akan membaik saat olahraga dikombinasikan dengan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Anda cukup melakukan latihan tiga jam dalam seminggu. Aktivitas ini terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lemak perut pada wanita dengan PCOS. Manfaat utama dari olahraga yaitu meingkatkan ovulasi, mengurangi resistensi insulin dan penurunan berat badan.

Jika Dibutuhkan, Maka Konsumsi Suplemen
Setelah melakukan diet dengan anjuran seperti yang sudah dipaparkan, Anda juga bisa menambah dengan konsumsi suplemen. Nutrisi lain dapat membantu perbaikan gejala PCOS seperti mineral dan kromium yang membantu meningkatkan kerja insulin.

Sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung kromium seperti kerang, pir, tomat, atau brokoli. Suplemen yang mengandung kromium akan meningkatkan insulin 33% pada wanita dengan PCOS.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika Anda adalah wanita dengan PCOS. Diet ini bisa Anda lakukan untuk memperbaiki tingkat kesuburan agar cepat hamil. Jika Anda butuh tips lain untuk program hamil, Anda bisa membacanya di orami.co.id.

0 komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.