Jumat, 24 Agustus 2018

3 Tipe Transaksi Jual Beli Online Terterkenal Di Indonesia

Dengan makin berkembangnya tren jual beli online saat ini, pastinya mengangkat terus tidak sedikit orang yang ingin mencoba ber-jualbeli online, entah sebagai penjual barang alias pun sebagai pembeli. Mereka para pelaku jual beli online, baik penjual maupun pembeli pastinya mengharapkan proses transaksi yang aman dan enjoy bagi ke dua belah pihak. Tetapi dimana ada kesempatan, di situ pula tentu ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang ingin mekegunaaankan lubang ketidak tahuan para pelaku jual beli online.

3 Tipe Transaksi Jual Beli Online Terterkenal Di Indonesia

Disini para pelaku jual beli online terus dituntut untuk mengenal lebih dalam mengenai proses, resiko dan keamaan dari suatu  transaksi online. Disisi lain, saat ini tipe transaksi online juga terus beragam mulai dari tipe konvensional dimana pembeli dan penjual wajib betatap muka dalam meperbuat proses transaksi hingga yang memakai proses transaksi otomatis tanpa wajib bertatap muka.

Oleh sebab itu bagi kamu para pelaku jual beli online dan terlebih bagi kamu yang tetap awam mengenai transaksi dunia maya, nampaknya wajib menyimak postingan mengenai 3 tipe transaksi jual beli di internet yang paling umum diperbuat di Indonesia berikut ini.

1. Transfer Antar Bank
Transaksi dengan tutorial transfer antar bank adalah tipe transaksi yang paling umum dan terkenal dipakai oleh para penjual online. Tidak hanya lumayan simple, tipe transaksi ini juga mempermudah proses konfirmasi sebab dana bisa dengan cepat di cek oleh penerima dana / penjual. Proses nya adalah pertama pembeli mengirim dana yang telah disepakati lalu seusai dana masuk, maka penjual bakal mengirimkan barang transaksi yang dijanapabilan.

Ketidak lebihan transaksi antar bank adalah diperlukannya kepercayaan yang tinggi dari para pembeli sebelum memutuskan mengirim dana. Disini sering terjadi penipuan, seusai dana terkirim nyatanya barang tidak kunjung diterima.

Kredibilitas alias nama baik penjual bisa menjadi tolak ukur bagi para pembeli. Salah satu triknya adalah penjual yang kredibel biasanya telah memiliki kerjasama dengan bank yang dipakai untuk proses transaksi. Dengan begitu keamanan dana kami bisa lebih terjamin.

Untuk para pembeli, bila ragu dengan kredibilitas si penjual, maka sebaiknya kami mencari info mengenai orang tersebut di internet sebelum men-transfer uang. Kami bisa menemukan info mengenai bisnis orang tersebut, nomor rekeningnya, nomor telepon, ulasan pembeli sebelumnya, dan lain-lain, dengan tutorial mengetikkan berbagai baris kata di mesin pencari Google. Bila orang tersebut sempat tersangkut persoalan penipuan alias transaksi tidak lancar maka sebaiknya Kamu urungkan dulu niat untuk men-transfer.

2. COD (Cash On Delivery)
Pada sistem COD sebetulnya tetap menganut tutorial lama yaitu dengan berjumpa antara penjual dan pembeli. Biasanya sistem transaksi ini diperbuat dalam jual beli antar orang ke orang dan pada umumnya COD dipakai untuk barang second sebab pembeli wajib mengecek dengan baik keadaan barang tersebut.

Keuntungan dari sistem ini adalah antara penjual dan pembeli lebih bisa bebas dalam proses transaksi. Pembeli bisa menonton dengan detil barang yang bakal dibeli, dan juga memungkin kan tawar menawar. Tipe transaksi ini di terkenalkan oleh situs jual beli semacam Tokokeren, Berniaga dan tidak sedikit situs jual beli lain.

Ketidak lebihan dari sistem ini adalah keamanan baik penjual maupun pembeli. Sebab mungkin saja pihak yang bakal kami temui adalah orang yang berniat jahat terhadap kita. Oleh sebab itu trik yang bisa diperbuat adalah dengan menentukan tempat transaksi yang aman bisa di tempat keramaian alias berangkat bersama orang yang bisa menjaga kita.

Sebagai informasi, ada tidak sedikit orang yang berniat jahat dengan mekegunaaankan sistem COD ini. Kami bisa baca mengenai kejadian penipuan jual beli dengan sistem COD di forum kaskus. Untuk meningkatkan wawasan kita, ada baiknya membaca berbagai thread di Forum Kaskus mengenai penipuan dengan modus jual beli dengan tutorial COD

3. Rekening Bersama (Rekber)
Jenis transaksi jual beli online yang terbaru adalah dengan memakai rekening bersama alias yang juga disebut dengan istilah escrow. Tutorial pembayaran ini sedikit tidak sama dengan proses pembayaran melewati transfer bank. Apabila dalam transfer bank, pihak ketiga nya adalah bank, sedangkan dengan sistem Rekber yang menjadi pihak ketiga adalah lembaga pembayaran yang telah dipercaya baik oleh pihak penjual maupun pembeli.

Dalam faktor ini peran lembaga pembayaran benar-benar penting. Prosesnya yaitu pertama pembeli mentransfer dana ke pihak lembaga Rekber. Seusai dana dikonfirmasi masuk, lalu pihak Rekber meminta penjual mengirim barang yang telah disepakati. Dan apabila barang telah hingga baru dana tersebut diberbagi pada sang penjual.

Dengan sistem ini dana yang diberbagi oleh pembeli bisa lebih terjamin keamanannya. Sebab dananya hanya bakal dilepas apabila barang benar benar telah di tangan. Apabila terjadi persoalan pun, dana bisa ditarik oleh sang pembeli. Sistem ini tidak sedikit dipakai pada proses jual beli antar member forum Kaskus. Seusai diterkenalkan saat ini sistem Rekber pun kian diminati sebab dianggap lebih aman.

Berikut tadi ulasan mengenai 3 tipe transaksi jual beli di internet yang paling tidak sedikit dipakai di Indonesia. Semoga bisa menjadi info berguna bagi kamu dan meningkatkan pengetahuan mengenai bagaimana bertransaksi yang aman dan enjoy di dunia Internet.

0 komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.